IMAN DAN CINTA

IMAN DAN CINTA
Hadi Prayitno

HR MUSLIM
“Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya kamu tidak akan masuk surga sebelum kamu beriman dan kamu tidak akan beriman sebelum kamu saling menyayangi dan mencintai satu sama lain.”

Ciri orang beriman : (QS Al Baqarah : 165, QS At Taubah : 24, dan QS Al Maidah : 54)
Cinta kepada Allah
 ••                        •    •    
165. Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu[106] mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya, dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).

Cinta kepada Rasul
                                  
24. Katakanlah: "Jika bapa-bapa , anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan RasulNya dan dari berjihad di jalan nya, Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan Keputusan NYA". dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.

Cinta jihad di jalan Allah
                 •                      
54. Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah Lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.

Mencintai Alam (QS Al A’la : 2-3; QS Qomar : 49; QS Al Isra’ : 44; QS Al Qashas : 71-73; QS Ar Rahman : 5; QS Al Hijr : 21; QS Yaasin : 40; dan QS Ali Imran : 190-191).
Mencintai Hidup
QS Al Isra: 197
“Hidup bagi mukmin untuk bercocok tanam amal kebaikan guna perbekalan di hari akherat. Buah Takwa yang dibawanya adalah sebaik-baik perbekalan.
QS. Ashr : 1-3
“Demi Masa. Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran.”
HR Ahmad dan Tirmidzi
“Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya.”
HR Muslim
“Tidak sepatutnya seorang di antara kamu mengharapkan kematian dan tidak pula mendoakan agar kematian itu dating sebelum waktunya karena bila seseorang telah mati putuslah amalnya. Dan bagi orang mukmin tiada bertambah umurnya selain untuk kebaikan.”
Mencintai Mati  Dilandasi kerinduan bertemu dengan Allah SWT
HR Bukhari dan Muslim
“Barangsiapa yang cinta berjumpa dengan Allah, niscaya Allah pun cinta untuk menjumpainya.”
Khalid bin Walid
“Kami pasukan Islam, adalah manusia yang mencintai kematian (syahid) sebagaimana kalian wahai orang-orang kafir mencintai kehidupan dunia kalian.”
Sayyid Quthub
“Keberanian sikap kesatria tidak akan mempercepat ajal bila ajal telah dating. Sikap pengecut, rasa takut tidak akan memperlambat ajal bila ajal telah dating.”
Imam Syafi’i
“Kalau saya hidup, saya tidak pernah kehilangan makanan. Kalaupun saya mati, saya tidak pernah kehilangan kuburan. Cita-citaku adalah cita-cita seorang pemimpin. Dan jiwaku adalah jiwa yang merdeka, yang melihat kerendahan sebagai kekufuran.”
Mencintai Manusia
QS An Nisaa’ : 1
Perintah untuk menjaga hubungan silaturahim karena Allah menjada & mengawasi kita.
QS Ar Rum : 21
Allah menciptakan kasih sayang
QS Al Hasyr : 9-10

Al Hadits
“Tidak sempurna iman seseorang di antara kamu sehingga mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.”

Category:

0 komentar: